Wednesday, April 25, 2012

Sudah Saatnya Tinggalkan Pembalut dengan Cangkir Menstruasi

Narayana 734Saat menstruasi, banyak wanita yang menggunakan tampon dan pembalut sekali pakai. Faktanya, pembalut sekali pakai mengandung bahan kimia dan terkadang membuat pemakainya merasa tak nyaman.

Kini ternyata tersedia alternatif baru, yang dinamakan nama cangkir menstruasi.

Sesuai namanya, bentuk cangkir menstruasi seperti cangkir. Cangkir menstruasi ini terbuat dari silikon yang dirancang khusus untuk mengumpulkan darah menstruasi Anda, bukan menyerapnya. Penggunaan cangkir menstruasi ini dianggap lebih baik untuk dijadikan alternatif bagi kaum hawa, karena selain tidak mengandung bahan kimia, cangkir menstruasi ini juga ramah lingkungan dan cenderung tidak bocor.

Cangkir menstruasi menggunakan metode pengumpulan, sehingga bebas bau anyir dan risiko toxic shock syndrome (TSS) juga rendah.

"Kemungkinan, kaum perempuan akan menggunakan sekitar 11.000 tampon dalam hidupnya. Hal ini akan menyebabkan penumpukan limbah setelah digunakan selama bertahun-tahun," papar seorang ahli, dilansir melalui Woman'shealth, Senin (23/4).

Penggunaan cangkir menstruasi ini juga gampang. Pada kemasan, cangkir akan dilipat menjadi bentuk "U", kemudian letakkan di dalam vagina, tepat di bawah leher rahim. Cangkir ini tidak akan jatuh karena akan tersanggah oleh otot-otot dinding vagina. Anda dapat menggantinya dua kali sehari dengan menarik ujung cangkir saat ingin melepasnya atau menggantinya.
Ghiboo.com

No comments:

Post a Comment