Thursday, June 21, 2012

Ronaldo Antar Portugal ke Semifinal

Narayana 734Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan bagi Portugal saat mereka mengalahkan Republik Ceko 1-0, di Stadion Nasional pada Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari WIB, pada pertandingan perempat final untuk memastikan tempat di semifinal.
Tandukan Ronaldo menyambut umpan silang dari Joao Moutinho 11 menit sebelum pertandingan usai, membuka peluang semifinal untuk berhadapan dengan juara dunia, Spanyol, atau Prancis.
Ini merupakan penghargaan bagi pemain Real Madrid tersebut yang telah memperlihatkan penampilan apik, menghadapi lawan yang gagal melepaskan tembakan tepat sasaran, dan kesulitan membangun serangan akibat absennya pengatur permainan, Tomas Rosicky, yang cedera.
Hal ini sering terjadi di pertandingan-pertandingan fase gugur di turnamen besar, yakni kedua tim bermain sangat hati-hati pada babak pertama.
Portugal berjuang untuk mengirim umpan berbahaya ke daerah pertahanan lawan, sedangkan duet bek tengah, Pepe dan Bruno Alves, melepaskan bola panjang ke arah depan tanpa tujuan yang jelas.
Republik Ceko lebih banyak bermain bertahan, mereka hanya sempat melepaskan satu umpan silang berbahaya melalui Theodor Gebre Selassie, yang masih dapat dipotong Pepe.
Moutinho melepaskan sepakan lemah dari luar kotak penalti yang dapat dengan mudah diamankan Petr Cech.
Namun setelah itu Ronaldo benar-benar mencuri perhatian.
Bintang Real Madrid tersebut menghidupkan laga ini pada menit ke-25, ketika ia melesat melintasi lapangan, memainkan umpan satu-dua dengan mantan rekan setimnya di Manchester United, Nani, mengecoh Michal Kadlec, dan melepaskan tembakan lurus ke arah Cech.
Itu merupakan hal yang jarang terjadi sebelumnya, namun pada perjalanannya mengancam gawang Ceko, wasit Howard Webb menghukum Ronaldo karena dianggap melakukan pelanggaran.
Pemain 27 tahun ini baru saja memulai penampilan terbaiknya.
Pada menit ke-33, Pepe mencungkil bola ke arah kotak penalti Ceko, dan Ronaldo melepaskan tendangan bicycle kick yang masih melebar.
Pada peluang berikutnya, ia mengirim tendangan bebas dari jarak 27 meter yang masih melebar, namun pada menit-menit akhir babak pertama, Ronaldo mendemonstrasikan talentanya.
Raul Meireles mengirim bola panjang ke kotak penalti Ceko, di mana Ronaldo mengontrol bola dengan dadanya sebelum memutari Kadlec dan melepaskan tembakan melewati Cech, tetapi bola masih membentur tiang gawang.
Portugal kembali mengancam pada 20 detik babak kedua bergulir, Meireles mengirim umpan silang untuk Hugo Almeida, pemain pengganti yang menggantikan Helder Postiga, namun sundulan penyerang Besiktas ini melambung ke atas mistar gawnag Ceko.
Ronaldo kemudian kembali melepaskan tendangan bebas dari jarak 27 meter.
Moutinho dan Meireles berkombinasi untuk memberi umpan Ronaldo di belakang garis pertahanan lawan, ketika ia menusuk dari sayap kiri, tetapi penyelesaiannya masih terlalu tinggi dan melebar.
Moutinho melepaskan tembakan dari jarak 18 meter pada menit ke-74, tetapi Cech mampu menepisnya keluar lapangan. Sedangkan Almeida melakukan sundulan yang juga masih melebar.
Meireles dengan cerdik mengirim bola pada Nani di menit ke-74, namun tembakan sang pemain sayap tersebut masih tidak tepat sasaran.
Dominasi Portugal akhirnya membawa hasil pada menit ke-74, ketika Moutinho merangsek dari sisi kanan, dan melepaskan umpan silang yang dengan mudah dikonversi Ronaldo melalui sundulan menjadi gol.
Bek Joao Pereira memiliki peluang untuk mengunci kemenangan Akbar, namun tembakannya melebar di saat dirinya berada di posisi yang tepat.(antaranews.com)

No comments:

Post a Comment