Saturday, June 23, 2012

Xabi Alonso Pulangkan Perancis 2-0 dan Bawa Spanyol Tantang Portugal di Semifinal

Narayana 734Spanyol melangkah mantap ke semifinal melawan Portugal setelah menggilas Perancis 2-0 berkat 2 gol Xabi Alonso.

Tendangan penalti Xabi Alonso memantapkan Spanyol untuk melangkah ke semifinal setelah kedudukan berubah 2-0 atas Perancis.

Penalti diberikan setelah Pedro dengan jelas dijatuhkan Reveillere! Spanyol berpeluang mengamankan tiket semifinal!

ALONSO kembali mencetak gol di laga ini. Sepakan dari titk putih tak ia sia-siakan. Bola mengarah ke kanan gawang Lloris. Spanyol unggul 2-0!
 
Seperti biasa, Spanyol membuka laga dengan melakukan passing game. Bola dengan presisi digulirkan ke seluruh penjuru lapangan guna memancing keluar para pemain Prancis dari bidang permainan mereka.

Fernando Torres, yang bermain gemilang saat Spanyol mengalahkan Rep. Irlandia 4-0 di mana Torres mencetak dua gol indah, dicadangkan Del Bosque.

Bosque lebih mempercayakan Fabregas dan Silva untuk menggedor gawang Prancis. Prancis sendiri turun tanpa pemain sayap lincah Samir Nasri.

Laurent Blanc menempatkan Karim Benema sebagai target man yang didukung oleh Franck Ribery dan Florent Malouda di tengah.

Di luar dugaan, Perancis terus menekan pertahanan La Furia Roja lewat Benzema dan Yann M Villa. Ketiadaan seorang striker menjadikan Spanyol hanya hebat sampai lapangan tengah dan selalu gagal di penyelesaian akhir.

Menit ke-6, Busquets coba mengubah arah serangan Spanyol dengan mengirim umpan diagonal ke Silva yang berada di sisi kanan. Sayang bola terlalu deras bergulir. Sulit dijangkau winger Manchester City itu.

Spanyol kembali mengancam di menit ke-9. Sayang through pass Iniesta yang diarahkan ke kotak penalti Perancis masih terlalu kencang untuk dijangkau Fabregas.

Xabi Alonso berhasil menjebol gawang Perancis menit ke-19 lewat sundulan dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk Spanyol.

"Ole, ole, ole.." Suporter Spanyol yang hadir di Donbass Arena tak pernah jenuh memberi dukungan untuk timnas kesayangan mereka.
 
Menit ke-33, Peluang kembali didapat Perancis! Sayang umpan silang Ribery dari sisi kiri tak mampu dijangkau rekan setimnya di dalam kotak penalti Spanyol. Prancis kini mulai berani bermain terbuka.
 
Hingga babak 1 berakhir, kedudukan masih tetap 1-0 untuk tim matador. Perancis tampil tertekan nyaris di sepanjang babak pertama. Strategi bertahan yang diusung Laurent Blanc belum cukup untuk membendung agresivitas para pemain Spanyol. Di paruh kedua, Le Blues harus berani tampil lebih menyerang.
 
Memasuki babak ke-2, masih belum ada tanda-tanda Perancis akan bermain lebih agresif di babak kedua ini. Ball possesion sejauh ini masih dijalankan para pemain Spanyol.
 
Menit ke-54,kerja sama yang coba diperagakan Ribery dan Benzema harus kandas di kaki Busquets. Gelandang Barcelona itu dengan cermat memotong bola di tengah lapangan.
 
Menit ke-63, BENZEMAA Ia kembali menyia-nyiakan peluang bagus! Sepakannya dari luar kotak penalti masih melambung tinggi!
 
Masuknya Torres dan Pedro membuat daya gedor Spanyol lebih terasa.  Menit ke-80, peluang untuk Spanyol! Sayang Torres sudah berada dalam posisi off-side ketika menerima umpan rekan setimnya dari tengah lapangan.
 
Sembilan menit jelang berakhirnya waktu norma. Spanyol masih sedikit unggul dalam ball possesion. Perancis, yang di pertengahan babak kedua sudah mampu keluar dari tekanan, kini kembali melempem. Serangan-serangan mereka belum cukup tajam untuk mengoyak jala Casillas.
 
Torres coba melayani Pedro di menit 85 dengan mengirim umpan terobosan kepada Pedro. Sayang bola bergulir terlalu cepat sehingga berhasil dikuasai pertahanan Prancis.

Menit ke-87, Spanyol mendapatkan hadiah penalti. XAlonso tak menyia-nyiakannya dan kedudukan berubag 2-0 untuk Spanyol.
 
Hingga babak ke-2 berakhir, kedudukan tetap 2-0 untuk Spanyol. Tim Matador pun maju ke semifinal menantang Portugal.(api)(FOTO: Getty Images)

SUSUNAN PEMAIN:

SPANYOL: Iker Casillas, Gerard Piqué, Sergio Ramos, Álvaro Arbeloa, Jordi Alba, Xavi, Xabi Alonso, Sergio Busquets, Andrés Iniesta, Cesc Fábregas/ Fernando Torres 66', David Silva/ Pedro 65'

PERANCIS: Hugo Lloris, Adil Rami, Anthony Reveillere, Laurent Koscielny, Gaël Clichy, Mathieu Debuchy/ Jérémy Menez 64', Yohan Cabaye, Franck Ribéry, Florent Malouda/  Samir Nasri 65', Yann M'Vila,     Karim Benzema (bisnis.com)

No comments:

Post a Comment