Wednesday, May 2, 2012

Kamera Ponsel yang Bisa Menembus Dinding, Kayu, Plastik, dan Kain

Narayana 734Para ilmuwan berhasil menciptakan ponsel yang mampu bekerja sebagai kacamata sinar-x. Dengan teknologi chip canggih memungkinkan kamera di ponsel mampu menembus dinding, kayu, plastik bahkan kain, seperti baju.

Dilansir harian Daily Mail, Minggu 22 April 2012, teknologi chip ini bisa mengetahui apa yang ada di balik suatu dinding dan mengetahui uang palsu. Chip ini bekerja di jaringan Terahertz (THz) dari spectrum elektromagnet, yang merupakan salah satu rangkaian panjang gelombang di antara gelombang mikro dan sinar infra merah.

Gelombang ini sebelumnya tak bisa diakses kebanyakan perangkat konsumen. "Kami berhasil menciptakan pendekatan untuk membuka porsi itu. THz memiliki potensi yang sangat menguntungkan," kata profesor teknik elektro Dr Kenneth O dari UT Dallas.

Chip ini nantinya akan digunakan bersama chip CMOS karena harganya yang terjangkau dan banyak digunakan di berbagai produk sehari-hari, seperti komputer, ponsel pintar, TV definisi tinggi dan konsol game.

"Terahertz juga dapat digunakan untuk mendeteksi tumor kanker, diagnosis penyakit melalui analisis napas, dan tingkat racun udara," kata Kenneth. (facebook)

No comments:

Post a Comment