Tuesday, May 15, 2012

Kopi Khas Indonesia Diperkenalkan di AS

Narayana 734 - Pameran Annual Exposition Specialty Coffee Association of America (SCAA) ke-24 yang berlangsung di Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS) memperkenalkan beragam jenis kopi khas Indonesia. Dengan pameran ini, diharapkan adanya peningkatan ekspor produk kopi Indonesia ke AS.
"Partisipasi Indonesia pada SCAA 2012 diharapkan dapat lebih mengenalkan kopi Indonesia kepada masyarakat AS, sehingga ekspor kopi Indonesia ke AS juga dapat terus meningkat," ujar Atase Perdagangan Washington DC, Ni Made Ayu Marthini dalam keterangan persnya, kemarin.
Pada pameran tersebut, para pengusaha kopi Indonesia menampilkan kopi spesial Indonesia dari berbagai daerah, antara lain Toraja, Mandailing, Java Preanger, Flores, Linthong, Gayo, Java Arabika, Lampung, Bali Kintamani, Papua Jayawijaya, Papua Pegunungan Bintang, Kopi Luwak, Kopi Lanang, dan Kopi Gajah.
Menurut Ni Made Ayu Marthini, keikutsertaan Indonesia pada pameran kopi berjalan baik dan para peserta bertemu dengan para pembeli regular maupun pembeli baru. Melalui pameran ini, lanjut dia, peserta pameran mendapat pesanan kopi hingga 70 kontainer dengan nilai sekitar delapan juta dolar AS.
"Pemesanan yang berupa fix order dan trial order ini lebih banyak didominasi oleh produk kopi Arabica Toraja, Mandailing dan Papua," katanya.
Berdasarkan data statistik, ekspor kopi Indonesia ke AS terus menunjukkan peningkatan. Total ekspor produk kopi Indonesia ke AS pada 2011 mencapai 326 juta dolar AS, atau meningkat 37,61 persen dibandingkan 2010 yang mencapai 237 juta dolar AS. Data perdagangan Indonesia-AS pada Januari 2012, ekspor kopi Indonesia mencapai 33,3 juta dolar AS, atau meningkat 68 persen dibanding periode yang sama pada 2011 yaitu 19,8 juta dolar AS.
Pengekspor kopi Indonesia yang turut berpartisipasi dalam SCAA 2012 tercatat sebanyak 15 perusahaan. Kelima belas perusahaan tersebut adalah PTPN XII, CV Sukses Agro Sekawan, PT Kopiku Indonesia, PT Excelso Multi Rasa, PT Sari Makmur Tunggal Mandiri. Kemudian, PT Wahana Graha Makmur, CV Harapan Bersama, CV Sidikalang, PT Sumico Mandiri, Koperasi Permata Gayo, PT Sumatra Arabica Gayo, CV Eka Nusa Jaya, PT Coffindo, dan Valbemar.
 REPUBLIKA.CO.ID

No comments:

Post a Comment